asosiasi lari trail indonesia

JAKARTA – Sejumlah komunitas pegiat lari trail dan penyelenggara kompetisi lari (race organizer) menyelenggarakan musyawarah nasional pada Minggu (19/2). Dalam munas perdana yang berlangsung di Gedung Serba Guna Senayan, terbentuk Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) dengan Lexi Rohi sebagai Ketua Umum ALTI periode 2017-2021.

Terbentuknya ALTI diharapkan dapat mendukung kegiatan lari trail di Indonesia yang semakin bekembang dalam beberapa tahun ini. “Semoga apa tujuan pembentukan ALTI ini dapat berjalan baik. Dengan dukungan semua pihak, cita-cita untuk kemajuan lari trail di Indonesia dapat terwujud,” ujar Lexi. Selain melakukan pemilihan Ketua Umum, dalam sidang yang diketuai Hendricus, peserta juga memilih formatur yang akan mendampingi Lexi untuk membentuk kepengurusan ALTI yang pertama kali. Formatur yang terpilih adalah Sitor Situmorang, Hendricus, Jeffri Ricardo, dan Adriansyah Chaniago.

asosiasi lari trail indonesia
F Hendricus Mutter (kiri) dan Budi Cahyono.

Lari trail adalah sebutan untuk kegiatan lari yang memanfaatkan alam sebagai medannya. Kompetisi trail run yang cukup ternama diantaranya Rinjani 100, Bromo Tengger Semeru Ultra 100, dan Gede Pangrango 100 Ultra .

Untuk mengembangkan lari trail, ALTI diantaranya akan melakukan standarisasi dan panduan untuk menyelenggarakan lomba trail, serta membuat kalendar event lari trail. Keselamatan peserta dan medis juga menjadi fokus ALTI dalam mengembangkan trail run.

Kehadiran ALTI juga diapresiasi salah satu pelopor lari trail Indonesia, Hendra Wijaya. Hendra yang juga penyelenggara Rinjani 100 dan Bromo Tengger Semeru Ultra 100 ini optimistis terbentuknya ALTI dapat mendorong tumbuhnya kegiatan lari trail di Indonesia. Ia juga menambahkan harapannya agar pemerintah kian memperhatikan potensi lari trail sebagai penyokong sektor pariwisata Indonesia. Menurutnya, alam Indonesia sangat luar biasa dan memungkinkan untuk dikelola untuk olahraga ini. “Semoga  ke depannya pemerintah jugaa memberikan perhatian kepada lari trail,” ujarnya. (uli/ sumber: Koran Kompas)

Similar Posts