SENARU – Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) bersama Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) menyelenggarakan pelatihan bagi portir dan pemandu gunung. TNGR pada  tahun 2016 dikunjungi lebih dari 80ribu pendaki. 20ribu lebih adalah pendaki asing. Kegiatan pendakian juga menumbuhkan pariwisata, dan tercatat 860orang lebih selaku portir maupun pemandu wisata gunung.

TNGR dibawah Kepala Balai R. Agus Budi Santosa mencanangkan untuk mengembangkan wisata pendakian Gunung Rinjani yang aman. Diantara lain yang dipersiapkan Balai TNGR kamera pengawas di jalur pendakian, pemesanan SIMAKSI – ijin pendakian, secara online.

taman nasional gunung rinjaniMenurut, Lubis, manajemen TNGR, pada masa jeda pendakian hingga April ini dilakukan survey untuk memasang pengaman fisik pada jalur pendakian Sembalun, Puncak Rinjani, Segara Anak, hingga Senaru. Hal ini diungkapkan Lubis ketika ditemui di Senaru pada 28 Februari lalu, saat selesai pendakian pemantauannya ke jalur Sembalun-Segara Anak-Senaru.

Pelatihan perdana diikuti 50 peserta di resor Senaru dan 50 lainnya di resor Sembalun. Pelatihan dimulai Senin 27 Februari di Senaru.  Materi pengenalan TNGR, pembangunan karakter, dasar pemanduan, keramah tamahan, teknik mountaineering diberikan. Dua hari pelatihan berlangsung dengan praktik teknik mountaineering seperti membuka perkemahan dan memasak di alam terbuka.

APGI mengirimkan tiga pelatih, Muhammad Gunawan, Cecilia Vita, dan Adiseno. Ketiganya secara bergantian dan bersamaan melatih penyusunan itinerary pendakian, komunikasi yang ramah dan melayani, peralatan dan kemasannya. Materi kedaruratan, Search and Rescue, serta P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) diberikan oleh personil SAR Nasional dari wilayah NTB (Nusa Tenggara Barat). Sedangkan budaya pelayanan Lombok diberikan oleh I Made Jaya, ketua asosiasi wisata gunung Rinjani.

Pelatihan ini merupakan awal dari seri pelatihan yang diharapkan dapat mencakup keseluruhan 2.000 pekerja wisata pendakian di Rinjani. (ads)

Foto utama: Adiseno memberikan peragaan peralatan pendakian dan pengemasan. (dokumentasi Cecilia vita)

Similar Posts