suhu udara 2016

JAKARTA – April lalu menjadi suhu global terpanas. Bulan terpanas yang memecahkan rekor global selama tujuh bulan berturutan. Rekor baru ini memecahkan rekor sebelumnya yang terjadi pada April 2010.

Udara panas yang terjadi di seluruh dunia ini juga disebabkan oleh masifnya El Nino. El Nino merupakan gejala penyimpangan dengan meningkatnya suhu laut. NASA merilis gambar yang menunjukan suhu pada April dalam kurun waktu beberapa tahun. Suhu darat dan laut mengalami kenaikan 1,110C sejak periode 1951-1980. April 2016 menjadi April terpanas dengan kenaikan 0,240C.

suhu udara 2016

“Ilmuwan iklim telah memperingatkan tentang hal ini setidaknya sejak 1980an. Dan ini semakin jelas terjadi sejak 2000an. Lalu dimana kejutannya?”, kata Andy Pitman, direktur ARC Centre of Excellence for Climate System Science dari University New South Wales. 2016 akan menjadi tahun terpanas dalam catatan suhu global dan kemungkinan menjadi tahun dengan marjin suhu terbesar.

Naiknya suhu Samudera Pasifik mempercepat pemanasan global. Suhu panas juga berpengaruh buruk bagi ekosistem dunia. Salah satunya pemutihan karang di Great Barrier Reef, Australia. Analisis terbaru, 93% karang disana telah mengalami pemutihan/bleaching. Di bagian utara diperkirakan sebagian besar karang sudah mati dan 90% sisanya sekarat. Peningkatan suhu  iklim oleh manusia menyumbang 175kali lebih besar pada pemutihan karang dibandingkan pemanasan fenomena alam.  (uli/theguardian.com)

Similar Posts