slackline lampung

JAKARTA – Pertama kali di Pantai Gigi Hiu, Lampung, slackline merentang. Pertama kali juga Dadeng yang sesungguhnya bernama Mulyana menyeberangi debur gelombang pantai. Pada 19-20 Mei 2017 kegiatan yang diliput oleh media petualangan televisi ini berlangsung.

slackline lampung
Dadeng nama panggilan dari Mulyana yang berinisiatif menyeberang slackline di Pantai Gigi Hiu, Lampung. (Titus Firm)

Dadeng memang berinisiatif untuk melakukan slackline di kawasan pesisir yang memiliki pemandangan menakjubkan. Bukan sekadar sensasi ekuilibrium di ketinggian yang dicari Dadeng, ia juga memilih tempat dengan keindahan pemandangan.

Pantai Gigi Hiu jadi objek wisata pantai ketiga setelah Teluk Kiluan dan Pahawang di Lampung, Sumatera. Masyarakat di sana menyebut kawasan ini Pantai Pegadungan atau Karang Pegadungan. Memang letaknya di Desa Pegadungan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Berbeda dengan Belitung misalnya yang formasi geologi meninggalkan batuan bongkah bulat, di Pegadungan, batu karang tegak dan lancip, memang mirip sirip hiu.

Slackline adalah olahraga keseimbangan. Berjalan di seutas tali nilon pipih. Di kedua ujung dikencangkan dengan menggunakan penarik atau katrol ringkas. Slackline menjadi populer saat digunakan sebagai gimmick dalam konser musik. Saat ini komunitas slackline Indonesia sudah marak, kunjungi saja @indoslackline.  Jadi populer sejak 2013, ketika atlet slackline asal Estonia, Jaan Roose, dan Jan Kaeding dari Jerman, ke Bandung untuk menunjukkan kepiawaiannya. Sebelumnya sejak 1988 berlatih keseimbangan dengan meniti tali sudah dilakukan para pemanjat, meniru idola mereka di Eropa almarhum Patrick Edlinger maupun rekannya dari Yosemite di Amerika Serikat, seperti almarhum Dean Potter.

slackline lampung
Dadeng meniti untuk pertama kalinya di Pantai Gigi Hiu, Lampung. (Titus Firm)

Slackline menggantikan rentangan kawat baja sejak 1984 di tebing Lost Arrow, Yosemite. Setelah setahun sebelumnya gagal, Scott Balcom berhasil menyeberangi pada 13 Juli 1985. Menyeberang rentangan tali di ketinggian disebut highlining oleh pelakunya di Amerika. (adiseno, narasumber: Mulyana “Dadeng”)

Foto utama: Pantai dengan batuan yang khas menjadi daya tarik kegiatan slackline. (Titus Firm)

Similar Posts