mendaki everest

JAKARTA – Sembilan Sherpa pemandu mengambil kesempatan ketika cuaca sedang baik untuk mendaki Everest dari sisi Nepal setelah jeda dua tahun. Mereka mencapai puncak (8.848meter) pada hari Rabu (11/5) sore waktu setempat guna memasang tali tetap untuk pengaman.

“Karena salju dan es, kondisi menjadi kian sulit di Hillary Step. Para Sherpa membutuhkan waktu empat jam untuk melewatinya.” Ujar Presiden Asosiasi Mountaineering Nepal, Ang Tshering Sherpa.

Ada yang berbeda pada musim pendakian kali ini. Untuk pertama kalinya helikopter diperbolehkan mengangkut perlengkapan dan peralatan panjat lainnya hingga ke kawasan gunung untuk menghindari bahaya di Khumbu Ice Fall. Kebijakan ini diambil karena mempertimbangkan aspek keselamatan setelah bencana besar dua tahun terakhir yang menewaskan para Sherpa dan pendaki.

Suku Sherpa yang tinggal di ketinggian disewa oleh pendaki untuk membantu beberapa hal dalam pendakian. Ada yang membantu membawa barang, mengamankan tali, hingga menjadi pemandu. Bulan Mei adalah bulan terbaik untuk mendaki dan beberapa ekspedisi telah berangan sampai puncak pada hari-hari selanjutnya. (fir/ sumber: bbc.com)

 

Similar Posts