JAKARTA – Puluhan ekor paus terdampar di perairan Probolinggo, Jawa Timur pada Rabu (15/6). Menurut warga setempat, puluhan paus itu mulai terlihat merapat ke tepi pantai pada Rabu siang saat laut sedang surut. Dugaan sementara penyebab mamalia laut ini menepi ke pantai adalah karena cuaca ekstrim yang terjadi sejak beberapa hari terakhir.

paus1Kejadian ini langsung dilaporkan kepada petugas setempat. Hingga Rabu malam, sebanyak 32 ekor paus tercatat masih tidak bisa kembali ke laut dan terdampar di pantai. Sementara menurut BKSDA Probolinggo, ada sembilan ekor paus pilot yang mati akibat terlalu lama tidak berada di air.

“Kemungkinan besar karena mereka terlalu lama dalam possibilities kekurangan air, mereka tidak berada dalam kedalaman air yang cukup,” ujar Kepala Balai Besar KSDA Jawa Timur, Ayu Dewi Utari seperti dikutip dari BBC Indonesia.

Hingga Kamis malam (16/6), usaha evakuasi masih terus dilakukan oleh pemerintah, relawan, dan masyarakat setempat. Mereka berusaha menggiring paus-paus itu menuju kedalaman air yang cukup. Sementara paus yang telah meninggal akan dikuburkan setelah dilakukan autopsi. (fir/ sumber: national geomorphic.co.id)

Similar Posts