Hari Lingkungan Hidup Sedunia

JAKARTA – 5 Juni ditetapkan United Nation Environment Program (UNEP) sebagai World Environment Day atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Tema yang diusung pada 2016 adalah GO WILD FOR LIFE: Zero Tolerance For The Illegal Wildlife Trade. Tema ini diangkat dari kerpihatinan akan kejahatan perdagangan satwa liar yang menjamur di berbagai belahan dunia.

hari lingkungan hidup sedunia
Salah satu poster yang dikeluarkan UNEP dalam rangka peringatan WED 2016.

Pembunuhan dan perdagangan satwa liar mengakibatkan beragam spesies di ambang kepunahan. Gajah, badak, harimau, gorilla, dan penyu adalah beberapa satwa yang jumlah spesiesnya kian mengkhawatirkan. Medio 2010 hingga 2012, sekitar 100.000 gajah Afrika dibunuh. Pada 2011, badak Jawa punah di Vietnam. Diikuti kepunahan-kepunahan badak hitam di Kamerun dan simpanse dari Gambia, Burkina Faso, Benin, dan Togo. Bahkan sepanjang 2015, sebanyak 1.175 badak di Afrika Selatan terbunuh. Angka tersebut meningkat berkali-kali lipat dibanding kasus pembunuhan pada 2007 yang berjumlah 13 badak.

Perdagangan satwa liar bukan hanya berdampak buruk bagi lingkungan, tapi juga merusak ekonomi. Satwa liar bukan hanya ada untuk menjaga ekosistem, tapi juga dapat dikelola untuk meningatkan pendapatan negara. Di Uganda, gorila menjadi daya tarik pariwisata. Setiap tahunnya, pendapatan pariwisata Uganda mencapai satu juta dollar per tahun. Ekowisata gorila gunung yang terkenal di Rwanda bahkan menghasilkan 304juta dollar pada 2014.

Pada peringatan tahun ini, UNEP mengajak seluruh warga dunia untuk berpartisipasi menghentikan perdagangan satwa liar. Cara yang ditawarkan pun tidak sulit. Masyarakat cukup berbagi informasi mengenai dampak buruk perdagangan satwa liar. Perlu lebih banyak orang yang memahami kerusakan bisnis terlarang yang berdampak pada lingkungan, mata pencaharian, masyarakat, dan keamanan ini. Diharapkan kesadaran masyarakat akan meningkatkan kesadaran pemerintah dan mendorong tindakan pemerintah dan badan-badan internasional untuk memperkenalkan dan menegakkan hukum yang lebih keras untuk melawan kejahatan ini. Tunjukan sikap tidak ada toleransi bagi perdagangan illegal satwa liar. (uli/sumber: wed2016.com)

Similar Posts