gunung lokon

JAKARTA – Seorang pendaki yang dilaporkan hilang di Gunung Lokon sudah ditemukan dalam keadaan tak bernyawa pada Minggu (26/3). Jasad David Lambanaung (17) ditemukan oleh anggota SAR Manado di Kawah Tompaluan, tempat terakhir kali David terlihat oleh teman-temannya. Pencarian ini membuahkan hasil setelah tim SAR melewati medan yang berat dan mengamati cincin api di dasar jurang kawah.

“Setelah melakukan pemantauan dan memastikan posisi korban, kami langsung melakukan evakuasi yang berlangsung selama satu jam 10 menit,” jelas pemimpin SAR Manado, Yahya Sadue.

Kronologi kejadian bermula saat David dan kelima rekannya mendaki Gunung Lokon. Saat itu David berinisiatif masuk ke dalam kawah seorang diri. Karena tidak kunjung kembali, teman-teman David mencoba untuk mencari, dan tak membuahkan hasil. Akhirnya ia dinyatakan hilang dan dilaporkan ke Basarnas oleh kelima rekannya. Saat ini, Jasad David sudah berhasil diturunkan dan langsung dibawa ke RSUP Prof. Kandouw untuk keperluan autopsi.

Kawah Tompalaun memang menjadi daya tarik tersendiri di Gunung Lokon. Letaknya yang berada di punggung gunung menawarkan keindahan pemandangan yang berbeda. Bahkan pamornya mengalahkan Puncak Lokon di kalangan pendaki. Namun, kawah aktif ini berbahaya karena sewaktu-waktu dapat mengeluarkan gas beracun. (fir/ sindonews.com)

Foto utama: Gunung Lokon (sumber: tempo.co)

Similar Posts