korban meninggal gunung semeru

JAKARTA – Seorang pendaki asal Swiss, Lionel Du Creaux (26) dilaporkan hilang di Gunung Semeru pada Selasa (7/6). Ia mendaki berdua bersama seorang temannya, Alice Guinard asal Prancis. Keduanya mulai mendaki pada Jumat (3/6), namun hingga saat ini Lionel belum juga kembali setelah terakhir kali terlihat saat hendak menuju puncak.

Alice tidak melanjutkan perjalanan puncak karena kelelahan. Waktu itu sudah sore saat keduanya mencoba mencapai puncak. Saat turun, Alice tersesat ke arah kiri Arcopodo. Ia dapat diselamatkan pada Senin (6/6) oleh seorang Guide asal Malang, Heri Sumantri. Saat dibawa turun menuju Pos Ranu Pani dan memberikan keterangan pada Selasa (7/6), baru  diketahui bahwa Lionel belum kembali. Keduanya tidak melapor saat mulai mendaki atau melakukan pendakian secara illegal.

Kepala Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), John Kennedie membenarkan kejadian ini, “Pada Rabu (8/6) telah diberangkatkan tim advance sebanyak 20 orang untuk melakukan SAR di titik identifikasi awal hilangnya pendaki.”

Hingga kini, pihak taman nasional belum berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Swiss perihal peristiwa ini. Pada Kamis (9/6) akan dilakukan Open SAR oleh pihak TNBTS untuk mempercepat pencarian. Kejadian ini merupakan yang kedua setelah pada akhir Mei lalu dua pendaki asal Cirebon tersesat di Gunung Semeru dan ditemukan dalam keadaan selamat. (fir/ kompas.com)

Similar Posts