pendaki hilang di rinjani

JAKARTA – Pendaki asal Jakarta yang dikabarkan hilang saat melakukan pendakian ke Gunung Rinjani, telah ditemukan. Siti Maryam (29) ditemukan oleh Amaq Suhaldi, penggembala setempat, pada Rabu (2/8) sekitar pukul 07.00 WITA.

Kronologis hilangnya korban dimulai saat perjalanan turun dari puncak Rinjani menuju Plawangan Sembalun pada Minggu (30/7) sekitar pukul 09.00 WITA. Saat masih di jalur yang menyerupai huruf ‘S’, korban meminta izin pada rekannya untuk pergi buang air dan menitipkan barang-barang pribadi berupa telepon selular, dompet, dan tas. Namun setelah satu jam ditunggu, korban belum juga kembali. Pihak taman nasional menurunkan tim pencarian pada Senin (31/7) pukul 14.00. Sebelum dilakukan oleh Tim SAR, pencarian korban sempat dilakukan rekan-rekannya sebanyak dua kali.

pendaki hilang di rinjani
Siti Maryam (kiri) setelah ditemukan warga.

Tim SAR menemukan jejak kaki di lokasi terakhir korban diketahui sebelum izin untuk buang air. Dari jejak yang ada, Tim SAR sempat menduga korban telah terpeleset dan jatuh ke jurang dengan kedalaman 100 meter lebih. Namun pencarian tidak dapat dilanjutkan karena kondisi cuaca yang buruk.

Sekitar pukul 07.00 WITA, pos pendakian Sembalun menerima kabar korban telah ditemukan warga dalam keadaan selamat. Siti Maryam ditemukan dalam keadaan duduk dengan wajah yang sudah pucat di daerah Abangan yang berjarak 1,5kilometer dari jalur pendakian Sembalun arah selatan. Saat ditemukan korban masih mengenakan pakaian yang sama dengan terakhir kali bersama rekannya, sweater abu-abu bertuliskan ‘Backpacker Jakarta’ dan kerudung merah. (uli)

Foto utama: Korban (bertanda merah) bersama rekan-rekan pendakiannya. (dok. Bayu Montana)

Similar Posts