bersih-bersih istiqlal

JAKARTA – Acara Bersih-bersih Masjid Istiqlal yang direncanakan oleh Gabungan Pencinta Alam di Jabodetabek akhirnya terlaksana pada Minggu (12/2) lalu. Acara yang digelar dalam rangka menyambut hari jadi Masjid Istiqlal ini fokus pada bagian menara dan kisi-kisi dinding yang terbuat dari bahan stainless steel. Sejumlah anggota dari berbagai organisasi seperti Wanadri, Mapala UI, hingga Petualang Muslim ikut ambil bagian pada acara ini.

Pemilihan area pembersihan didasarkan pada keahlian yang dimiliki oleh Pencinta Alam yakni bermain di ketinggian menggunakan tali. Selain itu, bagian menara memang jarang dibersihkan karena sulitnya. Hal ini terlihat dari hitamnya beberapa bagian menara karena debu yang menumpuk. Sedangkan bagian kisi-kisi yang tinggi hingga  lima meter dipilih karena dapat dibersihkan menggunakan alat pengaman yang sederhana, selain karena bagian ini juga sudah terlihat tumpukan debu.

“Sepertinya acara ini akan dilanjutkan hingga 21 (Februari) nanti,” ujar Fibrian, salah seorang panitia yang ditugaskan untuk berkoordinasi dengan pihak luar yang ingin membantu.

Sebelumnya, acara Bersih-bersih Istiqlal ini sempat mengalami penundaan lantaran terhambatnya distribusi alat saat ada aksi 112 di Masjid Istiqlal. Saat ini, peserta yang turut berpartisipasi pada acara ini semakin banyak dan beragam. Panitia tidak membatasi kalangan pencinta alam yang dapat membantu. Semua orang dari berbagai macam kalangan boleh turut serta. Sebab semangat kebersamaan itulah salah satu tujuan acara ini. (fir)

Foto utama: Masjid Istiqlal (sumber: kompas.com/ Wahyu Adityo Prodjo)

Similar Posts