pendakian semeru dibuka

JAKARTA – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) mengubah proses pengajuan Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI) Gunung Semeru dari manual ke online. Dalam website resminya, BBTNBTS mengumumkan pendaftaran secara daring akan dilaksanakan 100% mulai 1 Oktober 2017. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kontrol kuota, proses pendataan, maupun pengecekan pendaki sebelum pendakian.

Dengan diberlakukannya pengajuan SIMAKSI secara online, BBTNBTS akan menghapuskan pendaftaran pendakian secara langsung di pintu masuk Resort Ranu Pani. Pengajuan SIMAKSI online maksimal dilakukan satu minggu sebelum pendakian.

Untuk mengajukan SIMAKSI, calon pendaki bisa mengakses menu booking online di situs bromotenggersemeru.org. Setelah mengisi formulir pendaftaran, calon pendaki harus melakukan pembayaran secara setoran tunai ke bank yang telah ditentukan oleh BBTNBTS. Selanjutnya, mengisi bukti konfirmasi yang dikirim melalui email dan mengirimkannya kembali ke email BBTNBTS. Proses membayar dan melakukan konfirmasi pembayaran ini harus dilakukan maksimal tiga hari sebelum pendakian. Setelah mendapat konfirmasi, pendaki dapat mencetak bukti pembayaran, syarat kelengkapan, dan surat pernyataan.

Selain yang disebutkan di atas, calon pendaki juga disyaratkan untuk membawa bukti transfer dari bank, surat keterangan sehat, serta fotokopi kartu identitas yang berlaku. Berkas tersebut nantinya akan dicek di pintu masuk pendakian.

Per harinya dibuka kuota maksimal 600 orang. Karena online, calon pendaki dapat melakukan pendaftaran kapan saja. Namun proses konfirmasi pendakian hanya dilayani mulai Senin sampai Jumat pukul 07.30 hingga 15.30 WIB. (uli)

Similar Posts