sampah pelabuhan

JAKARTA – Muara Baru, salah satu pelabuhan di Teluk Jakarta. Pelabuhan ini resminya disebut Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman. Bagi orang Jakarta Muara Baru masih samar-samar karena kawasan di Kelurahan Pluit Penjaringan ini dulu dikenal bernama Muara Karang. Setelah direnovasi jadilah disebut Muara Baru.

Ikan tuna menjadi landasan perubahan Muara Baru dari Muara Karang. Dibangun dengan Pinjaman Hibah Luar Negeri dari Jepang. Makanan kesukaan di Jepang ini diekspor dari industri pengolahan ikan Muara Baru.

Sampah seperti di semua muara datang dari aliran sungai. Tentu juga dari pembuangan setempat. Banyaknya pengguna pelabuhan, termasuk nelayan kapal-kapal penangkap tuna, pekerja industri pengolahan ikan, semua menghasilkan sampah.

Sampah di perairan pelabuhan disorong ke tempat penampungan menggunakan kapal pembersih. Sasaran kebersihan bukan sekadar Hari Kebersihan Sampah 21 Februari saja, tetapi membentuk pelabuhan ramah lingkungan atau ecoport. (ads)

Foto utama: Ponton Penyorong Sampah Pelabuhan – Penyorong sampah di pelabuhan kapal tuna PPS NIzam Zachman, Penjaringan, Jakarta Utara. Sistim pembuangan sampah sudah terpasang di pelabuhan yang dikenal masyarakat sebagai Muara Baru. Kapasitas masih kurang karena sampah juga berdatangan dari laut. (adiseno)

Similar Posts