taman nasional komodo

JAKARTA – 6 Maret 2017 merupakan hari jadi ke-37 Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Ulang Tahun taman nasional yang juga berstatus warisan dunia ini tak lupa diperingati oleh Google Indonesia. Situs mesin pencari asal Amerika Serikat itu memperingati hari jadi Taman Nasional Komodo dengan cara memasang animasi tentang Komodo di halaman depan situs, google doodle, begitu sebuatan populernya. Animasi ini dipasang sejak Senin (6/3) dini hari hingga tengah malam.

Tak hanya animasi, google juga menyediakan games menarik berupa pengetahuan seputar komodo, kuisnya bertajuk ‘Seberapa Tahu Anda Tentang Komodo’. Ada lima pertanyaan benar atau salah yang mesti dijawab. Setiap selesai menjawab pertanyaan, kunci jawaban akan diberikan beserta dengan informasi yang diperlukan. Selesai menjawab lima pertanyaan itu, pengunjung akan dibawa untuk berselancar ke informasi seputar Taman Nasional Komodo, seperti letaknya berada di mana, apa saja yang ada di sana, serta bagaimana kondisi hewan komodo di alam saat ini.

taman nasional komodoTaman Nasional Komodo merupakan sebuah taman nasional yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur meliputi tiga pulau besar, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, serta beberapa pulau kecil. Luasnya mencapai 1817 km2. Taman Nasional ini ditetapkan pada tahun 1980, dan sebelas tahun berselang ditetapkan sebagai situs warisan dunia. Keberadaan Taman Nasional Komodo beserta hewan komodo itu sendiri sangat penting karena merupakan satu-satunya habitat asli kadal terbesar di dunia itu. Hewan Komodo sendiri merupakan hewan dari genus yang umurnya mencapai 40 juta tahun lalu. Selain komodo, Taman Nasional ini juga merupakan rumah bagi spesies lain seperti rusa timor, tikus besar rinca, monyet ekor panjang, babi hutan, burung gosong kaki merah, tekukur, dan pergam hijau, ular kobra, ular russel, tokek, dan masih banyak lagi.

Google doodle tak hanya kali ini memperingati satu peristiwa penting atau memberikan penghargaan khusus bagi sesuatu yang dianggap penting. Sebelum Taman Nasional Komodo, bulan lalu Google juga merayakan hari jadi Taman Nasional Ujung Kulon. (fir)

Similar Posts