DEPOK – Tim Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) menjadi tim pertama yang berhasil menuntaskan pemanjatan tebing Puruk Sandukui, Kalimantan Tengah. Tim panjat yang terdiri lima atlet ini berhasil mencapai puncak pada Rabu (30/8) setelah melakukan pemanjatan selama sembilan hari.

Tim ekspedisi berangkat dari Depok pada 12 Agustus 2017. Baru pada 19 Agustus, tim tiba di area terdekat sebelum memasuki kawasan tebing Puruk Sandukui. Kondisi tim saat itu sedikit lelah karena perjalanan yang panjang dan masih sulitnya akses menuju tebing.

Pemanjatan dimulai pada 21 Agustus 2017 pukul 11.00 WITA setelah sehari sebelumnya tim melakukan pengecekan jalur pemanjatan. Meski sempat terhalang cuaca yang buruk dan hujan deras, pada 25 Agustus 2017 tim panjat tiba di teras terakhir dari tebing Puruk Sandukui. Pada 30 Agustus 2017, tim akhirnya selesai melakukan pemanjatan dan berhasil mengibarkan bendera merah putih untuk pertama kalinya di puncak tertinggi Puruk Sandukui.

Puruk Sandukui adalah tebing berketinggian 400meter yang terletak di Kecamatan Miri Manasa, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Sebelumnya tebing ini pernah dipanjat oleh Mapala Comodo Fakultas Ekonomi Universitas Palangkaraya hingga ketinggian 100meter.

Yohanes Poda Sintong, ketua umum Mapala UI mengatakan ekspedisi panjat Puruk Sandukui dilakukan oleh anggota Mapala UI yang baru saja dilantik tahun ini. “Kegiatan ini difokuskan untuk anggota Mapala UI yang baru saja dilantik tahun ini agar menambah ilmu manajemen perjalanan mereka dan mendapat pengalaman baru. Melalui ekspedisi ini pula anggota Mapala UI dilatih untuk selalu memiliki rasa cinta terhadap alam Indonesia, menyumbangkan sesuatu yang riil bermanfaat bagi orang lain serta mengabdikan diri kepada masyarakat, sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi.”

Selain melakukan pemanjatan Puruk Sandukui, Mapala UI juga mengirimkan tim untuk mengeksplorasi budaya suku Dayak Ot Danum di Desa Tumbang Hatung dan Tumbang Napoi. (pr)

Foto utama: Tebing Puruk Sandukui yang berbentuk menyerupai jari telunjuk dilihat dari sisi utara tebing. (dokumentasi Mapala UI)

Similar Posts