anshu jamsenpa

JAKARTA – Pendaki perempuan asal Arunachal Pradesh, India melengkapi musim pendakian Everest penuh prestasi kecepatan. Bukan hanya pendakian tercepat oleh Kilian Jornet,  Anshu Jamsenpa mendaki Everest dua kali dalam jarak lima hari. Pendakian pertama 16 Mei dan keduanya pada 21 Mei lalu. Total pendakian dua kali adalah 118jam 15menit, merupakan  waktu tercepat bagi perempuan yang naik dua kali.

anshu jamsenpa
Anshu Jamsenpa bersama Dalai Lama. (newindianexpress.com)

Sebelum Anshu Jamsenpa, ada Chhurim Sherpa yang naik Everest dua kali dalam jarak seminggu pada 2011. Pendaki India berusia 38tahun dengan dua anak ini sudah lima kali mencapai puncak Everest. Sebelumnya Anshu juga mendaki Everest dua kali pada 2011.  Kala itu ia mendaki dalam jarak 10hari. Ia kembali mendaki Everest pada 2013. Selain dirinya dan Chhurim, ada tiga lain pendaki yang mendaki Everest dua kali dalam semusim. Ketiga lainnya warga Nepal.

Pendakian rekor ini diawali dengan kunjungan Anshu ke Dalai Lama. Ia mendapatkan pelukan dari tokoh spiritual asal Tibet. “Pelukan panjang seperti mukjizat,” ucap Anshu kepada wartawan Channel News Asia. Berbeda dengan umumnya pendaki yang mengejar tujuh puncak dunia, atau puncak puncak 8.000meter, Anshu mensasar puncak perawan. Ia berniat mendaki Kangto (7.042meter) tertinggi di Arunachal Pradesh yang belum pernah didaki. “Sebelumnya saya ingin mendaki puncak puncak yang belum pernah didaki di Himalaya,” ujarnya. (ads/berbagai sumber)

Similar Posts