JAKARTA – Aktor Hollywood Leonardo DiCaprio berkunjung ke Taman Nasional Gunung Leuser yang berada di Aceh Tenggara pada Minggu (27/3). Leo datang dengan maksud melihat secara langsung keanekaragaman hayati di stasiun penelitian Katambe yang berada di Aceh Tenggara.

Di Carpio HelicopSelain itu, ia berkesempatan bertemu dengan tiga orangutan Sumatera (Pongo abelii) dewasa di lokasi yang tidak jauh dari camp penelitian. Leo sangat terpukau melihat keindahan hutan Taman Nasional Gunung Leuser di SP Ketambe dan mendengar suara rangkong serta spesies burung lainnya. Selama hampir dua jam ia habiskan untuk menyaksikan perilaku orangutan Sumatera (Pongo abelii), satwa liar yang  97% genetikanya mirip dengan manusia.

“Balai Besar TNGL mendukung pihak-pihak yang beritikad baik membantu konservasi Leuser. Kami juga mengapresiasi pegiat lingkungan yang mengkampanyekan kelestarian alam, termasuk Leonardo DiCaprio dan rekan-rekannya ini”, ujar Kepala Balai Besar TNGL, Andi Basrul dalam rilis yang dikeluarkan melalui gunungleuser.or.id.

Pada kunjungan kali ini Leonardo DiCaprio juga mengajak aktor lain seperti Adrien Brody (pemeran Jack Driscoll dalam film King Kong) dan Fisher Stevens serta beberapa kru. Mereka datang menggunakan helikopter dan mendarat di lapangan SMA N 1 Katambe. Warga menyambut hangat kedatangan rombongan.

Leonardo DiCaprio dikenal sebagai aktor sekaligus aktivis yang bergerak dalam bidang konservasi. Aktor peraih Piala Oscar ke-88 lewat perannya dalam film The Revenant ini memiliki Leonardo DiCaprio Foundation yang mendukung kegiatan konservasi di seluruh dunia. Di Indonesia, organisasi ini bekerjasama dengan Taman Nasional Bukit Tigapuluh dan Hutan di Aceh. (fir/ sumber:gunungleuser.or.id)

Similar Posts