Pendakian gunung Ijen menjadi akhir bagi perjalanan Budi Raharjo. Wisatawan asal Jember ini meninggal dunia setelah melakukan pendakian di puncak Gunung Ijen yang memiliki ketinggian 2.443 meter dari permukaan laut (mdpl) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Ahad (12/11).

“Korban tersebut meninggal dunia saat turun dari kawah Gunung Ijen dan menurut keluarganya, korban memiliki riwayat penyakit asma,” kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Banyuwangi BKSDA Jatim Sumpena di Banyuwangi.

dr. Budi Raharjo, saat dievakuasi dari lereng kawah ijen.
Korban berhasil naik sampai ke puncak gunung Ijen, dan kemudian turun ke kawah. Beberapa saat kemudian yang bersangkutan pingsan dan dievakuasi turun ke Paltuding. Setelah dinyatakan meninggal dunia, jenazah korban langsung dievakuasi ke RSUD Blambangan untuk dibawa ke rumah duka di Kabupaten Jember dengan menggunakan ambulans jenazah milik rumah sakit setempat
Menurut keluarga, korban memang mengidap penyakit asma. BKSDA juga sudah memasang papan pengumuman yang menyebutkan pengunjung yang mempunyai penyakit asma, jantung, dan tekanan darah tinggi dilarang naik ke kawah Gunung Ijen karena asap belerang dari kawah Ijen dapat menyebabkan pusing, mual, dan berbahaya bagi penderita asma. (sho)

foto utama : Kawah Ijen dengan warna air danaunya kebiruan. (sumber: 3djuegos.com)

Similar Posts