manfaatkan sinyal hp di gunung

JAKARTA – Pendakian ke Semeru kembali memakan korban. Korban meninggal setelah kejatuhan batu saat melakukan summit ke Puncak Mahameru pada Sabtu (13/5). Korban yang diketahui bernama Anthina Sumartina Isvandrie (58) merupakan warga Jalan Syarpa No. 114a RT 9 RW 1, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kronologis meninggalnya korban dimulai saat korban mendaki Semeru bersama 52 orang lainnya pada Kamis (11/5) sekitar pukul 15.05 WIB. Esoknya, sejumlah 44 orang melanjutkan perjalanan dari Ranu Kumbolo hingga Pos Kalimati. Pada Sabtu (13/5) sekitar pukul 00.15, rombongan melanjutkan perjalanan ke puncak Gunung Semeru. Hanya 38 orang yang melanjutkan perjalanan summit ditemani 15 pendamping.

Sekitar pukul 04.30, korban bersama empat orang lainnya tiba di Cemoro Tunggal. Tidak lama setelahnya rombongan menerima peringatan batu jatuh dan kelimanya berusaha menghindar. Pendamping pendakian berusaha menarik dua rekan korban agar tidak ikut kejatuhan batu. Namun, batu mengenai kaki kanan rekan korban lalu menimpa bahu sebelah kiri dari korban.

Korban sempat mendapat pertolongan pertama dari pendaki lain berupa bidai di lengan kiri dan bahu. Sekitar pukul 05.30, korban ditandu menuju Pos Kalimati. Korban masih sadar saat ditandu, tapi mengalami lemah nadi.

Setibanya di Pos Kalimati, sekitar pukul 08.00, korban diperiksa oleh pendaki lain yang berprofesi sebagai perawat dan dinyatakan telah meninggal dunia. Korban pun langsung dievakuasi menuju Ranupani dan dilanjutkan menuju RSUD Dr. Haryoto di Lumajang. (uli/rilis)

Similar Posts