kecelakaan goa maros

JAKARTA – Adrian atau Rian (20 tahun) yang jatuh ke Leang Dinosaurus pada Sabtu (14/5) telah berhasil dievakuasi. Tim Basarnas memerlukan waktu 12 jam untuk mengevakuasi Rian dari gua. “Korban berhasil diangkat sekitar pukul 10.000 WITA,” ujar Roky Azikin, Kepala Basarnas Sulawesi Selatan. Lamanya waktu evakuasi dikarenakan lokasi terjatuhnya Rian memiliki dinding dengan kemiringan yang curam. Korban akhirnya diangkat dengan menggunakan teknik cave rescue.

kecelakaan gua marosAdrian terjatuh ketika mengantar tujuh orang mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang sedang melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Ketujuh mahasiswa bersama korban tiba di mulut Leang Pute, Maros, pada pukul 13.00 WITA. Satu jam kemudian, setelah melakukan sesi foto, mereka bergerak menuju Leang Dinosaurus, gua yang berdekatan dengan Leang Pute. Sayangnya, kedelapannya tidak dilengkapi peralatan khusus untuk penelusuran gua vertikal saat melakukan kunjungan. Kaki Rian terantuk batu hingga jatuh ke kedalaman sekitar 30 meter.

Empat mahasiswa yang bersama Rian sempat turun unruk mengecek keadaan Rian melalui jalur scrambling. Namun, evakuasi tidak dapat dilakukan karena ketiadaan alat. Sekitar pukul 23.00, tim gabungan diantaranya Basarnas dan pencinta alam Unhas tiba di Leang Pute.

Sebelumnya, sempat terjadi kesalahan informasi. Koordinator Komunikasi Center  SAR Makassar, Reinal, mengatakan bahwa korban bernama Irfan. “Menurut informasi yang kami dapat dari warga, atas nama Irfan anggota kore Maros,” ucapnya. Irfan diberitakan sebagai pelajar yang baru saja lulus ujian nasional dan pergi ke Leang Pute untuk berwisata. (uli/sumber: makassarterkini.com)

 

Similar Posts