lomba panjat kopassus

JAKARTA – Setelah jeda lebih dari lima tahun, kembali Komando Pasukan Khusus Angkatan Darat menyelenggarakan lomba panjat tebing. Dalam rangka ulang tahun Kopassus, berbagai lomba diselenggarakan. Salah satunya panjat tebing. Ratusan atlet dari sipil dan militer ikut serta, lomba yang dibuka oleh Komandan Jendral Mayor Jendral  TNI Madsuni pada Selasa (21/3) lalu.

Mayjen Madsuni, tidak seperti kebiasaan pejabat, setelah upacara pembukaan pindah ke tugas lain. Danjen Kopassus bersabar menunggu persiapan lomba sampai satu jam lebih. Setelah pertandingan pun ia masih duduk menyaksikan terus babak penyisihan lead putra dan boulder putri. Komandan Kopassus baru meninggalkan lokasi setelah lewat tengah hari.

lomba panjat kopassus
Penyisihan Bouder Putri. Babak penyisihan akan berlangsung lama dengan jumlah atlet mencapai ratusan. Penyelenggaraan penyisihan dilangsungkan bersamaan antara lead putra dan boulder putri. Bahkan dinding lead terdiri dari dua jalur. (adiseno)

Kategori lomba putra dan putri mempertandingkan disiplin lead, boulder dan speed. Speed dibagi dalam dua disiplin lagi, speed track dan speed classic.  Babak penyisihan dan semi final dilaksanakan pada Rabu (22/3) dan Kamis (23/3). Sedangkan speed track sudah dituntaskan pada Kamis (23/3) di lapangan terbuka kala seharian Jakarta di guyur hujan. Lomba pada hari Kamis itu berakhir hingga larut malam, dan kali itu pun Danjen Kopassus menyempatkan diri untuk menyaksikan lomba.

Berikut hasil untuk nomor speed track.

     
Speed track Putra:

1. Abudzar Yulianto

2. Aspar Jailolo

3. M Hinayah 

   

5,848 detik 

5,940 detik

6,830 detik

     
Speed track Putri:

1. Fitriani

 

2. Aris Susanti 

 

3. Fifilia Anggraini

   

8,631 detik. Waktu terbaik 8,080 pada babak kualifikasi.

8,748 detik. Waktu terbaik 8,093 pada babak semi final.

 9,831 detik 


Pada Sabtu (25/3) akan dilangsungkan final
lead putra dan putri. Selain itu juga final speed classic putra dan putri. Patut disaksikan karena atlet pelatnas panjat tebing di Jogja ikut serta. Harapan Indonesia mendapat emas di Asian Games 2018 berada di pundak para atlet ini. (adiseno)

Foto utama: Suasana lomba penyisihan dilakukan dengan sistem flash di mana jalur dicontohkan hingga para atlet bisa menonton lawannya bertanding. (adiseno)

Similar Posts