Eka citra unj petakan gua di lampung

JAKARTA – Tim Ekspedisi Citra Bestari (ECB) menemukan 13 gua dikawasan Karst Krui, Lampung. Enam gua berhasil dipetakan. Ekspedisi yang diselenggarakan Kelompok Mahasiswa Pencinta Alam Eka Citra dari Universitas Negeri Jakarta, dilaksanakan dalam rangka rekrutmen anggota sekaligus wujud cinta tanah air.

“Tujuan pelaksanaan Ekspedisi Citra Bestari sebagai langkah awal mencintai tanah air tanpa jeda” ucap Aulia Septiyaningrum, ketua Tim Ekspedisi. Pada Hari Kemerdekaan, tim menyempatkan diri untuk pengibaran Sang Saka di chambers Gua Buyung. Setelah itu pada 22 hingga 26 Agustus sebagian anggota tim melakukan bakti sosial memberi materi  pelajaran ilmu pengetahuan alam dan  materi cinta tanah air pada sekolah dasar desa.

Selain Gua Buyung, lima lainnya yang dipetakan adalah Gua Tenuk, Gua Tai Gara, Gua Kubu, Gua Kungki, dan Gua Ramdo. Pemetaan dilakukan dari marking mulut gua dengan sistem GPS (Global Positioning Satelite) dan ditelusuri dari Top to Bottom yang artinya dari mulut gua hingga dasar yang merupakan ‘stasiun akhir’. Sepanjang 2.085meter atau lebih dua kilometer dijelajah oleh tim berjumlah 16 anggota dalam waktu sembilan hari.

Eka citra unj petakan gua di lampung
Tim ekspedisi melakukan proses Eksplorasi dan Pemetaan Gua Kawasan Karst Krui (dok. Eka CItra UNJ)

Tim sendiri terbagi dua. sepuluh anggota mengikuti kegiatan penelusuran gua satu diantaranya pendamping, dan lainnya melakukan pendakian Gunung Leuser. Berikut anggota tim penelusur gua: Ade Irna Sumantri (operasional kegiatan), Dian Mardiana (konsumsi), Evi Herawati (kesehatan), Hamdan Fauzi (perlengkapan), Ihab Yazid (humas, publikasi, dan dokumentasi), Indra Komara (perizinan akomodasi dan transportasi), Sarita Wahyu Budiwati (konsumsi), Subhan Paldana Putra (perlengkapan), dan Mardhika Ekaputra (pendamping). Hasil pendataan diserahkan kepada Peratin atau Kepala Desa Pahmungan.

Kawasan Karst Krui terletak di Pekon (Desa) Pahmungan, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Masyarakat memiliki mata pencaharian pertanian dengan kebun pohon damar dominan di sekitar mulut gua. (ads/pr)

Foto utama: Tim ekspedisi melakukan foto bersama usai melakukan Tridharma Perguruan Tinggi. (dok. Eka Citra UNJ)

Similar Posts