industri outdoor

JAKARTA – Para pembuat perlengkapan rekreasi alam, penjual, dan penyedia jasa rekreasi alam di Amerika Serikat untuk pertama kalinya akan masuk dalam perhitungan ekonomi nasional. Rekreasi alam termasuk panjat tebing, arung jeram, telusur gua, pendakian gunung, dan semua kegiatan petualangan.

Setahun sejak diusulkan oleh antara lain Senator negara bagian Colorado, Cory Gardner, dari Partai Republik. Dua minggu di Dewan Perwakilan dan mendapat dukungan dari kedua partai yang pada masa pemerintahan Presiden Barack Obama jarang terjadi, legislasi baru ini dikirim ke Gedung Putih untuk ditandatangani. Undang-undang baru yang disebut Outdoor Recreation Jobs and Economic Impact Act, akan berlaku mulai akhir tahun 2016.

“Undang-undang ini akan mendidik para pembuat kebijakan mengenai sumbangsih industri rekreasi alam pada ekonomi nasional, termasuk jumlah pekerjaan untuk melayani jumlah belanja kegiatan ini. Ini peraturan yang masuk akal bagi kedua partai dan saya menanti saatnya Presiden Obama menandatangani ini,” ujar Gardener sebagaimana dilaporkan Jason Blevins untuk Denver Post.


Pada 2012, asosiasi industri rekreasi alam Amerika melaporkan belanja untuk rekreasi alam mencapai 646milyar Dolar. Ini mendukung tenaga kerja sebanyak 6,1juta orang dan menghasilkan pajak lokal, regional, negara bagian dan federal sebesar 80juta Dolar. Asosiasi yang berkedudukan di Boulder, Colorado yang sudah mendata dan menganalisa menyatakan di negara bagian Colorado belanja rekreasi alam 13,2milyar Dolar dan mendukung 124.600 pekerjaan.

Data yang akurat dan analisa yang akan dilakukan Bureau of Economic Analysis dapat menjelaskan pada pengelola lahan rekreasi untuk pembuat keputusan. Para pengelola lahan rekreasi bisa menyokong jenis penggunaan berdasarkan kontribusi ekonomi produsen dan jumlah pekerja yang terlibat dari penggunaan kayak laut misalnya.

Indonesia pun memberi perhatian pada rekreasi alam. Kementerian Pariwisata dalam mengejar target 20juta kunjungan wisatawan asing, turut memasukan rekreasi alam didalamnya.(ads/denver post)

Foto utama: Panjat es di kawasan rekreasi alam Amerika di Munising Michigan. Kegiatan rekreasi alam masuk dalam perhitungan ekonomi (outdoor.visittheusa.com)

Similar Posts