hall of fame bandung

JAKARTA – Jawa Barat menamai dirinya tanah legenda. Sangkuriang dan Lutung Kasarung diantara legendanya yang satu diangkat menjadi maskot di PON XIX Jabar. Selaras dengan julukan ini, pemerintah Jawa Barat pun membuat Hall of Fame, balairung pesohor, yang isinya tokoh tokoh terkenal asal Jawa Barat.

hall of fame bandung
Saleh Sudrajat kapten pesawat Trike yang terbang solo dari Sabang sampai Merauke termasuk dihargai sebagai legenda Jawa Barat. Ia pun masih mengidolakan tokoh lain diantara 300 tokoh legenda dari Jawa Barat (dok. Saleh Sudrajat)

Lokasinya di Gedung Bapuspida Jawa Barat, ruang seluas 600m3 diisi foto, nama, dan penjelasan sekitar 300tokoh. Diantaranya Didi Petet, Us Us, dari kalangan penghibur dan Inggit Garnasih, RD Dewi Sartika dari kalangan pahlawan sebelum kemerdekaan bangsa.

Istimewa bagi komunitas petualang, ada kategori legenda panjat tebing yang diisi Harry Suliztiarto, legenda karena ekspedisi mereka, penerbangan solo Sabang Merauke, Saleh Sudrajat selaku pilotnya mewakili organisasi Wanadri. Satu lagi kiprah Wanadri yang masuk ke Hall of Fame adalah pendakian Seven Summit.

Pada Sabtu (28/1) lalu diadakan acara pemberian sertifikat kepada para legenda petualang Jawa Barat. Acara dihadiri oleh para legenda. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meresmikan Hall of Fame  yang juga disebut Panggung Inohong Jawa Barat pada Selasa 27 Desember 2016 lalu. “Bisa dikatakan Hall of Fame ini yang pertama kali di Indonesia. Baru Jawa Barat yang punya,” kata kurator Hall of Fame, Aat Suratin, kepada Kantor Berita Antara di sela acara peresmian di Gedung Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapusipda) Jawa Barat di Jalan Kawaluyaan, Kota Bandung. (ads/antara)

Foto utama: Para penerima penghargaan legenda Jawa Barat diantaranya Ardesir Yatfebi (kedua dari kiri deretan belakang) yang mewakili tim Seven Summit Wanadri, Harry Sulisztiarto legenda panjat tebing (keempat dari kiri deret belakang) dan Saleh Sudrajat (keenam dari kiri deret belakang) yang mewakili dan pelaku terbang solo dengan trik Sabang Merauke juga dari Wanadri. (dokumentasi Saleh Sudrajat)

 

 

Similar Posts