gaya hidup paling sehat

JAKARTA – Peneliti telah menemukan masyarakat Tsimane dengan jantung tersehat. Hampir tidak ada yang tersumbat pembuluh darahnya bahkan dikalangan tua mereka. Menurut para peneliti sebagaimana dilaporakan BBC.com, mereka aktif bergerak dan memiliki diet dengan sedikit lemak, dan karbohidrat yang cukup.

Sulit bagi manusia modern untuk hidup seperti suku Tsimane yang diucapkan ci mai nai. Mereka berburu dan  peramu, tetapi ada pelajaran yang bisa kita ambil.

gaya hidup sehat
Masyarakat Tsimane berburu babi hutan, Capivara – sejenis tikus ukuran sangat besar – dan tapir dengan daging yang tipis. Diet dengan lemak jenuh yang sedikit diduga faktor kesehatan jantung mereka terbaik. (Michael Gurven/BBC.com)

Saat ini sekitar 1.600warga Tsimane hidup berburu, memancing, berladang  dan meramu biji-bijian, kacang, buah dan umbi-umbian. Mereka tinggal di kawasan Sungai Maniqui di kawasan Amazon dataran rendah Bolivia. Gaya hidup mereka sama dengan budaya manusia seribu tahun lalu.

Kebiasaan  berburu dan meramu yang dilakukan perempuan dan laki-laki mengakibatkan mereka aktif melangkah. Kaum pria berjalan rata-rata 17.000langkah/hari. Perempuan 15.000langkah.

Para peneliti dari pusat kesehatan Long Beach Memorial, di California AS meneliti 705 warga Tsimane dengan pemindai CT (Computerized Axial Tomography). Mereka mencari CAC –Coronary Artery Calcium– atau penyumbatan pembuluh darah.

Pada kelompok usia 45tahun tidak ditemukan CAC, sementara jika dibandingkan masyarakat maju seperti Amerika, 25% ditemukan penyumbatan. Pada kelompok usia 75tahun, 2/3 orang Tsimane ditemukan CAC, namun di Amerka angkanya mencapai 80%. Studi ini dilakukan sejak lama, jadi bukan berarti yang tidak sehat mati muda.

Ahli antropologi dari  University of California, Santa Barbara, Prof. Michael Gurven, menyimpulkan bahwa masyarakat modern jika belajar dari suku Tsimane, sebaiknya mengubah jadwal latihan tidak hanya akhir pekan, tetapi lebih dengan pendekatan menyeluruh -holistik. “Bersepeda ke tempat kerja, pilih naik tangga, menulis di meja treadmill.” Begitu anjuran Prof Gurven. (ads/bbc.com)

 

Foto utama: Perempuan Tsimane bergerak 15.000langkah setiap hari. Aktivitas masyarakat berburu dan peramu diperkirakan membuat kesehatan jantung suku ini terbaik. (Michael Gurven/BBC.com)

 

Similar Posts