eksebisi arung jeram pon 2016

JAKARTA – Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 mendatang di Papua akan menjadi PON pertama bagi sejumlah cabang olahraga baru. Arung jeram termasuk diantaranya. Meski kemungkinan diperlombakan dalam PON harus menunggu empat tahun lagi, cabang olahraga ini dipastikan akan menjadi salah satu olahraga eksebisi pada PON 2016.

Eksebisi arung jeram PON 2016 akan berlangsung pada 15-22 September. Sungai Cimandiri dan Cicatih, Sukabumi, akan menjadi lokasi eksebisi, menggantikan rencana lokasi awal di Sungai Citarum. Ada empat nomor yang dilombakan, yakni slalom, head to head, sprint, dan down river race.

Eksebisi arung jeram pon 2016
Jadwal kegiatan Eksebisi Arung Jeram PON XIX/2016.

Untuk bergabung menjadi cabang olahraga yang dilombakan dalam PON, KONI Pusat memberikan sejumlah syarat. Potensi prestasi di tingkat nasional maupun internasional tidak menjamin cabang olahraga yang bersangkutan dapat dilombakan dalam PON. Menurut Wakil Ketua Umum IV Bidang Media, Humas, Kesejahteraan Pelaku Olahraga dan Umum KONI Pusat, K. Inugrono, cabang olahraga yang bersangkutan juga harus memenuhi sejumlah syarat lainnya. Diantaranya, cabang olahraga tersebut minimal harus diikuti lima provinsi, berpengalaman menggelar pertandingan di tingkat nasional, hingga pertimbangan tingkat keselamatan atlet saat cabang olahraga tersebut dipertandingkan.

Pada penyelenggaraan tahun ini, total 44 cabang olahraga yang dilombakan dan 12 cabang olahraga eksebisi. Selain arung jeram, cabang olahraga barongsai, muaythai, gateball, woodball, rugby, bola tangan, 3×3 basketball, petanque, korfball, yongmoodo, dan soft tennis juga menjadi olahraga eksebisi dalam PON 2016. (uli/ sumber: pon-peparnas2016jabar)

 

Similar Posts