hasil downhill mtb pon xix

CIKOLE – Salah satu olahraga petualang yang dipertandingkan di PON XIX adalah turun gunung bersepeda. Downhill MTB PON XIX dilangsungkan di Cikole, Lembang, Bandung Barat. Disiplin olahraga ini juga dipertandingkan di SEA Games dengan peraih emasnya Risa Susaenty berasal dari tuan rumah Jawa Barat.

Perlombaan Downhill hanya berlangsung pada 20 September 2016. Cukup satu hari untuk menjaring juara dari puluhan  pesepeda gunung Indonesia. Jalur lomba sepanjang 3,5km dilahap dalam hitungan menit saja.

downhill mtb pon xix
Seeding run lomba turun gunung bersepeda di Cikole Lembang, Bandung Barat pada 20 September 2016. (adiseno)

Popo Ario Sejati dari Jawa Timur memperoleh medali Emas dengan catatan waktu  5menit  55,935detik.  Ia mengungguli atlet Jawa Tengah Khoiful Mukib yang meraih Perak, dan atlet tuan rumah Nurhidayat yang memperoleh Perunggu.

Pada seeding putri terjadi persaingan antara Tiara Andiri Prastika yang tercepat diikuti Nining Purwaningsih, keduanya dari Jawa Tengah. Namun, saat final kebalikan terjadi. Nining Purwaningsih mencatat waktu tercepat dengan 6menit  55,077detik.  Padahal Nining sempat terjatuh, tapi ia masih unggul 3,806detik dari Tiara yang meraih Perak. Keberhasilan Nining ini sekaligus mengakhir era kejayaan tuan rumah Jawa Barat yang diantar atlet andalan  Risa Susaenty. Risa hanya memperoleh Perunggu. (ads/berbagai sumber)

Foto utama: Popo Ario Tedjo pada final Downhill MTB putra mempersembahkan medali Emas bagi kontingen Jawa Timur. (adiseno)

Similar Posts