pendaki meninggal di semeru

JAKARTA – Seorang pendaki yang tergabung dalam Jakarta Backpackers dikabarkan hilang di Gunung Rinjani. Siti Maryam (29) tergabung bersama 28 pendaki yang tiba dari Jakarta dan berangkat dari Sembalun pada Jumat (28/7). Setelah memuncak pada Minggu (30/7) saat turun Siti Maryam terpisah dari rekan-rekannya. Pihak Taman Nasional Gunung Rinjani menerima laporan dari Edi M Yamin yang merupakan ketua pendakian pada Senin (31/7). Hingga Senin, pihak TNGR masih belum menemukan korban.

Sementara di Taman Nasional Gunung Semeru pun pada Jumat diterima kabar adanya pendaki asal Salatiga yang hilang. Tim berjumlah tujuh pendaki dengan Rubiyan Ganhata (24) yang beralamat di Salatiga mulai pendakian puncak dari Kalimati pada Kamis (27/7).

Setelah mencapai puncak rombongan turun dalam kabut tebal. Empat pendaki berhasil mencapai Ranukumbolo, dan menanti rombongan tiga teman, termasuk pimpinan pendakian. Setelah menunggu pada Jumat pukul 09.00 tim penyitas melanjutkan ke pos TNGS di Ranupane untuk melaporkan.

Rombongan tim pencari di Gunung Rinjani diberangkatkan pihak Taman Nasional pada Senin (31/7) berjumlah sembilan pencari pada pukul 14.00. Hingga malam 19.00 kabar penemuan korban masih belum diterima. Sebagaimana dilaporkan Ahmad Masaul Khoiri, dari situs berita detik Travel, yang mengutip informasi dari Ewin anggota Forum Komunikasi Rinjani Bagus.

Korban hilang diperkirakan sekitar jurang jurang kedalaman 60 hingga 100meter sisi lereng arah Sembalun. Siti Maryam berasal dari Cakung. Sulitnya komunikasi membuat belum ada perkembangan hasil pencarian sampai Selasa (1/8) pagi.

Kebalikan di Gunung Semeru. Setelah dilaporkan hilang pada Jumat pagi, teman-teman korban hilang mendapatkan informasi dari orang tua salah satu korban hilang bahwa ia telah mengirim pesan pada 16.15. Kabar teks singkat telepon seluler, menyatakan bahwa ketiganya telah berada di dusun Karangsuko, desa Blubuk, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Kabar ini diverifikasi pihak taman nasional dengan mengirimkan tim ke lokasi. Berita teks singkat itu benar. (ads./ berbagai sumber)

Similar Posts