doug tompkins

JAKARTA – Janda salah seorang pendiri apparel gunung North Face menyerahkan 408.000hektar lahan pribadi ke pemerintah Chile untuk dijadikan kawasan konservasi. Kristine McDivitt Tompkins, janda dari Doug Tompkins yang tewas kecelakaan kayak pada 2015.

Doug Tompkin mendirikan North Face pada 1964 bersama seorang rekan. Awalnya hanya penjaja kecil alat ski dan hiking yang bisa dipesan lewat pos.  Beberapa tahun kemudian Tompkins membantu mendirikan Esprit bersama kala itu istrinya, Susie Tompkins Bluell.

Selain pemilik North Face, istri Tompkins terkini adalah mantan CEO aparel alam terbuka dengan merek Patagonia. Pada 1990, Tompkins mengundurkan diri, menjual sahamnya di Esprit. Ia tinggal di Chile dan mulai membeli lahan di sana.

Penandatangan penyerahan lahan oleh Kristine McDivitt Tompkins disaksikan oleh Presiden Chile Michelle Bachelet. (dok Tompkins Conservation)
Penandatangan penyerahan lahan oleh Kristine McDivitt Tompkins disaksikan oleh Presiden Chile Michelle Bachelet. (dok Tompkins Conservation)

Beli lahan oleh Doug Tompkins dicurigai oleh masyarakat dan politisi sayap kanan Chile. Lahan luas di perbatasan dengan Argentina dari pegunungan Andes hingga pesisir Samudera Pacific. Terletak di ujung sempit negeri yang tersempit di dunia. Orang Chile khawatir negara mereka akan terpecah dua. Bahkan di isukan akan mendirikan negara Zionis.

Padahal Doug Tompkins kapitalis taubat. Ia pindah ke Chile dan mendirikan yayasan lingkungan hidup yang dikenal mempromosikan zero waste. Foundation for Deep Ecology didirikan bersama aktivis Jerry Mander. Dijelaskan situs yayasan bahwa Tompkins  melihat karyanya di dunia produsen pakaian sebagai ‘bentuk kehancuran yang diciptakan oleh ekonomi pembangunan industri yang menjadi racun bagi alam.’

Kedua pasangan ini aktiv dalam kegiatan alam terbuka di Chile.  PadaDesember 2015, Doug Tompkins bersama lima rekan bergiat kayak. Ia terbalik bersama teman-temannya akibat arus kuat. Tompkins meninggal karena hipotermia walau ia berhasil diangkut helikopter dari danau General Carrera menuju rumah sakit di Coyhaique. Dokter menyatakan Doug Tompkins sudah tidak bernafas ketika tiba.

Pasangan apparel alam terbuka ini diperkirakan membeli sekitar dua juta are lahan, atau 809,371hektare. Apa yang diberikan oleh janda Doug Tompkins adalah taman yang mereka kelola dan disebut Pumalin Park. Donasi lahan ini akan menjadi bagian dari 17 taman nasional di kawasan Patagonia, Chile. Semua lahan ini menyerupai luas negeri Swiss.

“Saya yakin jika Doug ada ia akan menyatakan bahwa tindakan ini adalah bentuk demokrasi paling tinggi yang bisa dilakukan suat negara, meninggalkan warisan maha karya bangsa bagi warganya di kemudian hari,” ujar Kristine McDivitt dalam rangka penandatangan penyerahan lahan yang disaksikan Presiden Chile, Michelle Bachelet. (ads/sumber: bbc.com)

Foto utama: Lahan yang didonasi oleh Janda pendiri North Face akan menggabungkan 17 taman nasional seluas negeri Swiss. (dok Tompkins Conservation)

Similar Posts