JAKARTA – Speed Trail Run 10k berlangsung semarak di Hutan Kota Universitas Indonesia, Depok pada Sabtu (9/4) pagi. Sebanyak 200an peserta memenuhi jalur sepeda trail di dalam hutan kampus itu. Acara berlangsung sejak pukul 07.00 pagi hingga menjelang siang. Peserta berasal dari beragam komunitas di sekitar Jabodetabek atau individu yang ingin merasakan sebuah acara lari dengan nuansa berbeda, tapi masih dekat dengan perkotaan.

Acara yang diinisiasi oleh komunitas Depok Running Buddy (Derby), Mapala UI, dan Roam ini bertujuan untuk mendukung salah satu pelari trail Indonesia, Fandhi ‘Agi’ Achmad, yang akan berkompetisi di Petite Trotte à Léon (PTL), Prancis pada Agustus mendatang. Agi akan berada satu tim dengan Hendra Wijaya, dan satu pelari asal Bandung lainnya untuk berlari di kompetisi beregu itu.

Agi sebagai orang yang didukung juga turut serta dalam acara ini. Ia berlari di depan menyusuri setapak di hutan kota itu dan menyelesaikan lari di urutan terdepan. Sang juara lomba ditentukan dari selisih waktu Agi finish dengan mereka yang finish. Tapi acara ini bukan hanya tentang lomba untuk mengincar hadiah, tujuan utamanya adalah untuk membantu Agi berangkat ke Prancis. Selesai berlari, pembagian doorprize, hingga sesi tanya jawab tak luput dari perhatian peserta. Yang hadir kemarin dapat bertanya langsung kepada Agi. Juga foto bersama.

Hasil pendaftaran peserta pada acara ini akan digunakan untuk mendukung Agi berangkat ke Prancis. Tak hanya dapat bugar karena berlari, tapi juga memberi sebuah dukungan, baik dalam bentuk moril maupun materiil untuk pelari yang akan membawa nama bangsa itu. Dukungan dari orang-orang dari lingkaran terdekat ini mungkin yang akan menguatkan Agi dan kawan-kawan satu regunya untuk bertahan menyelesaikan lomba sejauh 300km itu. Dan menjadi pertama dari Indonesia. (fir)

Foto utama: Berfoto bersama Fandhi ‘Agi’ Achmad (tengah, kaus hijau) di depan gate Speed Trail Run 10k. (sumber: Facebook Fandhi Achmad)

Similar Posts