JAKARTA – Gegap gempita renovasi kompleks olahraga Gelora Bung Karno menyambut Asian Games 2018 tak menyurutkan aktivitas lain di sekitarnya. Jika sebelumnya tempat-tempat favorit seperti Istora, stadiom akuatik, dan lingkar stadion utama selalu penuh aktivitas, kini hanya terlihat pekerja yang merenovasi venue untuk keperluan pesta olahraga terbesar se-Asia itu. Dan pusat-pusat keramaian justru hanya berpindah di kawasan sekitarnya. Area parkir, bekas golf ring, atau Balai Sidang.

Akhir pekan di awal April 2017 adalah contohnya. Kesibukan nampak sejak memasuki pintu 5 Komplek Olahraga Gelora Bung Karno yang berseberangan dengan Markas Polda Metro Jaya hingga lurus ke arah Balai Sidang Jakarta. Kendaraan lalu lalang di sana, juga pejalan kaki yang menenteng kantong plastik berukuran besar. Ternyata, sedang ada festival di sana. Tak hanya satu, tapi empat.

Bagi penggemar kegiatan petualangan, setidaknya ada dua pameran yang bisa menjadi pilihan. IIOutfest 2017, dan Deep & Extreme 2017. Kendati sama-sama bertema petualangan, keduanya memiliki perbedaan dan kekhususan. IIOutfest 2017 lebih didominasi oleh brand outddor petualangan, komunitas, operator penyedia jasa, dan aspek-aspek yang berhubungan dengan kegiatan petualangan khususnya mendaki gunung sebagai kegiatan utama. Sementara Deep & Extreme 2017 lebih didominasi oleh produk dan operator penyedia jasa yang bergerak di olahraga menyelam. Serta sejumlah dinas pariwisata dari kota-kota yang menawarkan pariwisatanya. Produk mendaki gunung tak banyak, pun demikian dengan olahraga lari.

Festival lain di sekitar kawasan tersebut ada Tumpekblek 2017 yang memamerkan hal-hal berbau otomotif bertempat di area parkir depan Istora. Serta ada festival furniture yang bertempat di Balai Eksebisi, bersebelahan dengan Deep & Extreme 2017 yang bertempat di Balai Pertemuan, Balai Sidang Jakarta yang beken disebut Jakarta Convention Center. IIoutfest 2017 sendiri bertempat di bekas Golf Ring Senayan.

Dengan adanya 4 festival ini, pilihan untuk berakhir pekan di festival menjadi sesuatu yang menarik.  (fir)

Similar Posts