arung jeram pon xix

JAKARTA – Salah satu cabang olahraga eksebisi dalam PON XIX, arung jeram, telah melangsungkan kompetisi pertamanya pada Sabtu (17/9). Kompetisi dibuka dengan nomor Sprint R4 dan Head to Head R4. Sedangkan Sprint R6 dan Head to Head R6 dilaksanakan pada Minggu (18/8). R4 dan R6 menunjukkan jumlah awak dalam perahu karet berjumlah 4 atau 6 orang.

Sprint sebagai nomor pertama yang dipertandingkan pada setiap kejuaraan arung jeram merupakan lomba yang mempertandingkan kecepatan dalam mendayung dalam jarak pendek. Medali emas dalam nomor sprint putra R4 diperoleh DKI Jakarta dan sprint putri R4 oleh Banten. Tim putri Banten juga memperoleh medali emas untuk sprint putri R6. Sedangkan posisi pertama dalam sprint putra R6 diduduki oleh Provinsi Banten.

arung jeram pon xix
Nomor Head to Head putra.

Tim Kalimantan Utara menduduki posisi pertama pada nomor kedua yang dipertandingkan yakni head to head putra R4. Posisi pertama head to head putri R4 ditempati Kalimantan Timur. Banten dan Jawa Barat masing-masing meraih medali emas pada nomor head to head putra dan putri R6.

Banten dengan total tujuh medali menempati posisi pertama dalam perolehan medali sementara hingga Minggu (18/9). Di posisi kedua ditempati Jawa Barat dengan dua emas, dua perak, dan satu perunggu. Sedangkan Kalimantan Timur di posisi ketiga memperoleh masing-masing satu emas dan perak. Kompetisi akan dilanjutkan dengan mempertandingkan nomor Slalom dan Down River Race berturut-turut pada Senin (19/9) dan Selasa (20/8).

Berikut hasil lengkap perolehan medali nomor Sprint dan Head to Head.

arung jeram pon xix

(uli/ sumber: faji.org)

Foto utama: Pertandingan nomor Head to Head putri.

 

Similar Posts