kampung cisaban baduy

JAKARTA – Kebakaran melanda Kampung Cisaban RT02 RW06, Desa Kanekes, Leuwidamar, Lebak, Banten pada Selasa (23/5) malam. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, namun api habis melahap pemukiman warga.

“Sebanyak 84 rumah yang habis terbakar,” kata Sarpin dari Seksi Pemerintahan Desa Kanekes. Selain rumah, diperkirakan sekitar 200 leuit (lumbung) milik warga juga ikut terbakar. Saat ini, Polres Lebak dan BPBD sudah membuat posko darurat di lokasi kebakaran yang berada sekitar 20kilometer dari pintu masuk kawasan Baduy dari Kampung Ciboleger.

Menurut Kaprawi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, kebakaran bermula dari tungku pengolahan gula aren. “Dari tungku sekitar pukul 18.30 WIB, di kawasan Baduy Luar,” ujarnya. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 00.00 WIB.

Dari 84 rumah yang terbakar, tercatat ada 105 kepala keluarga dan 365 jiwa yang menjadi korban dalam kebakaran yang melanda Kampung Cisaban Baduy Luar. Saat ini warga yang rumahnya terbakar masih mengungsi ke kampung-kampung sekitarnya.

Suku Baduy mendiami tanah hak ulayat seluas lebih kurang 5.136,8hektar di daerah Lebak, Banten. Suku adat yang terbagi menjadi dua sub-grup ini, Baduy Luar dan Baduy Dalam, mengisolasi diri dari dunia luar dan teguh memegang tradisi leluhur. (uli/berbagai sumber)

Similar Posts