adam ondra 5.15d

JAKARTA – Pemanjatan Adam Ondra di Hanshelleren Cave, Flatanger, Norwegia, bisa jadi yang pertama di dunia untuk kategori 9c/5.15d. Jika terbukti benar, ini akan jadi rekor terbarunya setelah akhir tahun lalu berhasil memecahkan rekor pemanjatan Dawn Wall di Yosemite.

Dalam pemanjatan yang diberi nama Project Hard ini pemanjat asal Ceko ini menghabiskan waktu 20menit memanjat tebing sepanjang 45meter. “Aku hanya sangat, sangat senang,” ujarnya setelah berhasil menuntaskan pemanjatan dalam unggahan video di akun Instagram miliknya (@adam.ondra).

Adam Ondra telah berlatih sekitar 40 dan 50 hari dalam kurun waktu dua tahun sebelum akhirnya pada Minggu (3/9) menuntaskan pemanjatan di sisi overhang Hanshelleren Cave. “Saya memasang bolt pada 2013. Waktu itu saya hanya mencoba selama beberapa hari dan menganggapnya terlalu sulit. Kemudian musim lalu saya memulai lagi. Lebih dari tujuh kali perjalanan ke Norwegia, saya kira saya menghabiskan waktu 40 atau 50 hari untuk mencobanya.” Sebelum ini, Ondra pernah menjajal tebing Change di Flatanger pada 2012 ketika usianya masih 19tahun. Pemanjatannya jadi 9b+ yang pertama kali di dunia.

Jadi apa yang membuat Ondra menyimpulkan pemanjatan di Hanshelleren Cave di Flatanger termasuk 5.15d? “Karena kategori dalam memanjat itu subjektif,” katanya kepada The Guardian. “Mengetahui (Project Hard) jauh lebih sulit memberikan saya keberanian untuk mengatakan itu adalah yang pertama di dunia untuk level ini.” (uli/ berbagai sumber)

Foto utama: Adam Ondra menyelesaikan jalur panjat yang diklaim sebagai kategori 5.15d. (Pavel Blazek)

Similar Posts