everest indonesia

JAKARTA – 24 April 1997, Pratu Asmujiono, anggota Kopassus dari Tim Everest Indonesia berhasil mengibarkan Sang Merah Putih di puncak Everest (8.848m). 19 tahun kemudian di Rindam Jaya rekan Asmujiono dalam pendakiannya kini sudah menjadi Kolonel Iwan Setiawan. Iwan adalah komandan Rindam Jaya dan dia berbaik hati mengundang seluruh tim yang mencapi 29orang untuk reuni.

29 April, belasan pendaki yang sebagian sudah berambut putih, gundul plontos, berkumpul mengenang sumbangsih mereka untuk prestasi bangsa. Rekan-rekan yang tentara masih bertubuh tegap, sementara yang sipil ada yang berubah jadi lebih tambun, tidak banyak karena mereka masih suka mendaki.

everest indonesia
Asmujiono summiter pertama dari Tim Everest Indonesia 97 menerima tumpeng perayaan reuni dari Iwan Setiawan. (Adiseno)

Asmujiono, yang mengibarkan bendera di gunung tertingg bumi ini, dan fotonya berbaret merah mewakili keberhasilan tim, sudah pensiun lima tahun dari militer. “Saya tiap hari masih diundang untuk memberikan ceramah, tidak pernah saya minta dibayar.” Ujar Asmujiono yang seperti dulu masih penuh semangat dan suaranya keras lantang.

Galih Donikara anggota pendaki dari latar belakang perkumpulan sipil Wanadri mengingatkan bahwa tim ini mejadi inspirasi bagi banyak kaum muda yang suka petualangan. Ia juga mengingatkan banyaknya kecelakaan terjadi pada kegiatan petualangan. Galih mengusulkan untuk tim ini membagi  Hal ini disetujui oleh Misirin yang summiter dan kini sudah perwira serta bertugas di luar Kopassus. Begitu pun Monty Sorongan, pengusaha wisata petualangan yang sangat berhasil, dan berperan sebagai pemrakarsa dan pengelola persiapan pendakian Everest Indonesia 97.

Kolonel Iwan Setiawan yang akan bertugas menjadi Danrem Jakarta Barat pun sepakat untuk para anggota tim Everest Indonesia 97 tidak sekadar silaturahim setiap tahunnya mengenang kejayaan masa lalu, tetapi berbuat sesuatu untuk menyerahkan tongkat estafet kepada generasi selanjutnya. Terutama tongkat keamanan petualangan. (ads)

Foto utama: Tim Everest Indonesia 97 yang dapat berkumpul pada Jumat (29/4) malam di Rindam Jaya berfoto bersama dengan latar foto saat tim selatan berangkat mendaki di Lukla. (Vita Cecila)

Similar Posts