DEPOK – The Ocean Clean Up, sebuah Enviromental NGO yang berbasis di Belanda sedang berkunjung ke Mapala UI pada rabu (9/3) di Pusat Kegiatan Mahasiswa Kampus UI Depok. Kedatangan dua peneliti dari The Ocean Clean Up bertujuan untuk membicarakan perihal pengelolaan sampah plastik di sungai Ciliwung. Selain itu, mereka juga Ciliwungmembicarakan tentang keterlibatan Mapala UI dalam upaya ini. Sebelumnya, Mapala UI sudah memiliki program mengenai pendampingan masyarakat yang berada di DAS sungai Ciliwung yang juga bekerjasama dengan Komunitas Peduli Ciliwung khususnya untuk wilayah Depok.

Sampah plastik adalah salah satu sampah yang mendominasi di aliran sungai, khususnya di sungai Ciliwung. Umumnya sampah plastik dibuang oleh masyarakat karena kurangnya pengetahuan tentang pengolahan sampah, atau karena alasan lain seperti tidak adanya tempat pembuangan sampah. Pada saat musim hujan, sampah plastik menghambat pintu air dan menyebabkan air meluap ke permukiman warga.

The Ocean Clean Up sudah berdiri sejak tahun 2013. Pendirinya adalah pemuda 21 tahun bernama Boyan Slat. Fokus organisasi ini adalah pengelolaan sampah plastik di sungai dan laut serta upaya pencegahan masuknya limbah plastik ke lautan. Segala aktivitas dan info lainnya dapat dilihat pada laman mereka theoceancleanup.com. (fir)

Similar Posts