Sebuah perjalanan penulusuran gua Cooperative Adventure for Valuing and Exercising human behavior and performance Skills (CAVES) berlangsung di Sardinia, sebuah pulau besar Italia di Laut Mediterania. Para astronaut yang bergabung di European Space Agency (ESA) bertolak dari rutinitasnya di antariksa menuju ruang bawah tanah untuk kursus pelatihan CAA ESA.

Sardinia kaya akan gua kompleks. Salah satunya adalah Kompleks Gua Supramonte.  Terletak di Lembah Lanaitho, bagian dari Taman Nasional Gennargentu. Supramonte ditemukan pada tahun 1950an. Letaknya cukup jauh dari peradaban, terisolasi khas ruang angkasa.

Bentukan gua Sa Grutta, bagian dari kompleks Gua Supramonte, menyerupai lingkungan di luar bumi. Para astronaut harus beradaptasi dengan kondisi gua yang gelap, dingin dan lembab.  Suhu terhitung 14 ° C dengan kelembaban tinggi membuat suhu terasa lebih dingin daripada di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

“Seperti berjalan di bawah tanah yang penuh keajaiban,” kata astronot NASA Mike Fincke.

Para astronot mendirikan base camp sekitar enam jam dari pintu masuk gua. Perjalanan 6 hari menjelajahi kegelapan menawarkan sensasi dan keajaiban eksplorasi bagi para astronaut yang terbiasa dengan kondisi luar angkasa. Kegitian ini mempersiapkan astronot untuk bekerja dengan aman dan efektif dan memecahkan masalah sebagai tim sambil menjelajahi area yang belum dipetakan menggunakan prosedur yang sama dalam ruang angkasa.  (ESA Caves &Pangea/sho)

 

Foto Utama : Cave wonderland, ESA–V. Crobu

Similar Posts