Jakarta  – Gua adalah bentuk alam berupa lubang di tanah, di batuan, atau di gunung. Dr. R. Kho (1985) mengatakan bahwa gua adalah setiap lubang di bawah tanah baik terang maupun gelap, luas maupun sempit, yang terbentuk melalui sistem percelahan, rekahan, atau aliran sungai yang kadang membentuk suatu lintasan aliran sungai bawah tanah.

Jenis gua menurut bentuknya :

  1. Horizontal: Gua yang bentukan lorongnya relatif mendatar. Dapat ditelusuri dengan teknik horizontal cave seperti crawling, squeezing, dsb.
  2. Vertikal: Gua yang entrance-nya berbentuk vertikal sehingga diperlukan alat bantu. Gua vertikal juga biasa disebut dengan gua potholing. Untuk menuruni gua vertikal biasanya digunakan SRT (Single rope technic) untuk melakukan ascending dan descending.
  3. Gua bawah air: Gua yang sebagian besar lorongnya terisi air sehingga diperlukan alat selam untuk memasukinya.
  4. Gua Campuran: yang terdiri dari gabungan dua  atau lebih gua diatas.

Jenis Gua menurut batuan pembentuknya :

  1. Gua karst: Terbentuk akibat peristiwa karst pelarutan batuan kapur akibat aktivitas air sehingga tercipta lorong-lorong dan bentuk batuan akibat proses kristalisasi dan pelarutan gamping Sekitar 70% gua yang ada di dunia terbentuk pada Kawasan Karst. Indonesia memiliki kawasan karst yang luasnya sekitar 15,4juta hektare dan tersebar hampir di seluruh Indonesia.
  2. Gua litoral: Terbentuk akibat adanya proses erosi dan pengikisan dari air laut terhadap batuan  di pantai seperti  pada tebing-tebing pantai yang curam dan berlangsung dalam proses yang lama.
  3. Gua Vulkanik: Terbentuk akibat pergeseran permukaan tanah akibat gejala keaktifan vulkanologi, biasanya sangat rapuh karena terbentuk dari batuan muda (endapan lahar) dan tidak memiliki ornament batuan yang khas.
  4. Gua Pasir: Terbentuk dari material pasir. Termasuk sulit untuk dijumpai karena jumlahnya kurang dari 5% dari jumlah gua yang ada di dunia. (sho)

foto utama :  Perjalanan latihan  kegiatan Manusela Speleology Expedition di Gua Cidomba, Leuwikaret. (dok. Shofi)

Similar Posts