Kegiatan outdoor ranah bawah tanah memang belum banyak peminatnya di Indonesia. Padahal Indonesia memiliki kawasan karst seluas 15,4 juta ha dengan potensi yang besar untuk dijelajahi. Pengembangan kualitas dan performa harus terus ditingkatkan guna keberlanjutan pengembangan penelitian.

Inilah yang mendasari Indonesian Speleogical Society (ISS) mengadakan kelas pengembangan sebagai media transfer keilmuan, pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan tingkatan kebutuhan yang berbeda dalam bentuk Sekolah Speleologi Indonesia (SSI).

Kegiatan ini memiliki beberapa kategori kelas :
1. SSI – Madrasah Speleologi, untuk kelas Basic dan pengenalan speleologi
2. SSI – Kelas Tematik, untuk kelas lanjutan. Penguatan dan pengayaan pada bidang keilmuan speleologi lainnya berupa workshop, coaching clinic, kelas partisipatif, dan vokasi
3. SSI – Instructor Course, menyiapkan SDM untuk menjadi pengajar, pengembang dan pendidik bidang speleologi

Sekolah Speleologi Indonesia hanya memiliki kuota 25 orang. Kegiatan yang berlangsung dari 18 – 22 Desember 2017 berlokasi di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Investasi untuk umum Rp1.500.000,- dan untuk anggota ISS Rp1.000.000,-. Biaya tidak termasuk akomodasi penginapan. Fasilitas yang didapatkan berupa Sertifikat, Instruktur ID Card, Makan, ATK, dan Kaos. Pendaftaran selambat-lambatnya sampai dengan 15 Desember. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Alex 081320120979 / Sofa 082217757301 (sho)

Similar Posts