national SAR challenge

Kompetisi Search and Rescue (SAR) tingkat nasional kembali diadakan oleh Badan SAR Nasional (Basarnas). Pelaksanaan National SAR Challenge yang keenam akan dimulai dari 31 Juli hingga 5 Agustus 2017. Garuda Wisnu Kencana dan Pantai Kuta di Bali akan menjadi lokasi kompetisi.

National SAR Challenge rutin dilaksanakan sebagai upaya peningkatan profesionalisme tim SAR nasional. Tahun ini National SAR Challenge akan diikuti 34 tim rescue terbaik dari seluruh kantor SAR yang tersebar di Indonesia.

Ada beberapa keterampilan yang menjadi poin kompetisi, diantaranya pengetahuan dan keterampilan individu, High Angle Rescue Technique (HART) atau teknik penyelamatan di ketinggian, Collapsed Structure Search and Rescue (CSSR) atau penyelamatan korban pada bangunan runtuh, Vehicle Accident Rescue (VAR) atau penyelamatan korban pada kecelakaan di jalan raya, kemampuan fisik (Rescuer Fitness Drill), dan teknik komunikasi dalam SAR.

Bukan hanya menjaring tim terbaik, event ini juga menjadi ajang bahan evaluasi kinerja tim maupun pertukaran informasi dan pengetahuan di bidang SAR. Dan lebih jauh lagi, kegiatan tahunan ini bisa menjadi sarana pembelajaran bagi masyarakat awam perihal pelaksanaan SAR di Indonesia, karena masyarakat bisa turut menyaksikan acara ini secara cuma-cuma. (uli)

national SAR challenge

Similar Posts