Sejarah ekspedisi jayawijaya

Sejarah Eksplorasi Jayawijaya

JAKARTA – Sejak diketahui adanya puncak salju di Papua, oleh Jan Carstensz pada 16 Februari 1623, tentu saja banyak petualang yang ingin kesana. Ekspedisi yang pertama dicatat berhasil mencapai kawasan Carstensz Pyramid, dipimpin pendaki, peneliti burung, dokter bedah, ahli botani Britania Raya, A F R Wollaston dan Goodfellow. Mereka menjelajah dari pesisir Laut Arafuru, mengikuti aliran Otokwa.

sejarah ekspedisi jayawijaya
AFR Wollaston

Dua kali Wollaston berusaha mencapai ke puncak Carstensz, dua kali ia gagal. Ekspedisi dibawah naungan British Ornitology Society dan Royal Geographic Society  pertama pada 1910. Pada yang kedua tahun 1912-1913, pimpinan perjalanan Letnan Van der Water, berhasil mencapai kaki gletser dinding selatan Carstensz Pyramid. Hanya saja sisa bekal makanan mereka tinggal untuk beberapa hari, sehingga mereka harus balik ke pantai lagi.

Wollaston bukanlah yang pertama berusaha ke salju khatulistiwa Papua. Sebelumnya pada 1907 dengan kapal dari Surabaya H.A. Lorentz memimpin ekspedisi ke pegunungan salju Papua. Ia membawa pasukan tentara untuk pengamanan, terdiri dari satu perwira dengan 45 anggota dan 63 tahanan pekerja paksa.

Kemudian kedua kalinya Lorentz mengulang ekspedisi yang pada 8 November 1909, berhasil mencapai Wilhelminatop, atau sekarang disebut Puncak Trikora dekat kota kabupaten Wamena.  Kedua perjalanan ini memakan waktu enam bulan. Ekspedisi kedua membawa satu perwira dengan 43 anggota dan 20 tahanan pekerja paksa. Puncak Trikora kedua kalinya dicapai pada 1911-1912 dibawah pimpinan Kapten A Fransen Herderschee. Lama ekspedisi ini tujuh bulan.

Ini mengapa kawasan Carstensz Pyramid dan salju khatulistiwa didalamnya ketika dijadikan taman nasional oleh pemerintah Indonesia disebut, Taman Nasional Lorentz. Dan kawasan Taman Nasional Lorentz mencakup dataran pantai di pesisir Arafura hingga ke puncak salju khatulistiwa Pegunungan Sudirman di mana salah satu puncaknya adalah Carstensz Pyramid. (ads/ Naar De Eeuwige Sneeuw van Tropisch Nederland)

sejarah ekspedisi jayawijaya
Buku Wollaston

 

Similar Posts