JAKARTA  Heinrich Harrer sudah meninggal sejak 2006. Di masa tuanya ia sempat mencuat dalam berita ketika ia menerbitkan buku koleksi foto semasa tujuh tahun di Tibet. Pendaki pertama Norwand Eiger sangat dikenal pendaki dan pemanjat. Keberhasilannya menghabiskan masa Perang Dunia II di Tibet yang tertutup selama tujuh tahun pun dikenal. Ketika ia menjadi pendaki pertama di Carstensz Pyramid, gunung tertinggi di Papua, masih terkenal namun tentu saja di kalangan pendaki.

Harrer dikenal awam di dunia, ketika kisah hidupnya tujuh tahun di Tibet difilmkan. Tidak kurang dari Brad Pitt memerankan dirinya. Bagi kalangan pendaki lebih mudah memperkenalkan Harrer kepada rekan dan kerabat  yang pendaki mengenai Harrer setelah ini.

carstensz pyramid
Harrer bersama Dalai Lama.

Namun Harrer bukan satu-satunya selebriti pendaki yang ke Carstensz. Pendaki pertama yang berhasil mendaki Everest gunung tertinggi dunia tanpa bantuan tabung oksigen dan sekaligus ia daki sendirian. Ia juga menjadi orang pertama yang berhasil mendaki 14 puncak 8.000meter. Seluruh gunung tertinggi di bumi. Reinhold Messner asal Italia utara di kaki Dolomite Alp, juga pernah mendaki ke Carstensz pada tahun 1971. Ia menyelinap bersama rekannya pendaki senegara, dan berdua mendaki Carstensz melalui sisi utara dengan mengambil punggungan dari timur.

Kemudian Peter Boardman dan pacaranya. Peter Boardman adalah anggota muda ekspedisi Dinding Barat Daya Everest yang dipimpin Sir Chris Bonington. Pendakian mereka menjadi salah satu landasan pembukaan jalur baru di Pegunungan Himalaya. Jalur-jalur pendakian yang melalui dinding, bukan lagi di punggungan. Peter Boardman berhasil mencapai puncak bersama Pertemba Sherpa.

Boardman masuk ke Carstensz melalui desa Sugapa, dan kampung Ogimba. Sekarang jalur perjalannya menjadi rute wisata pendakian ke Carstensz. Jalur Messner dari Ilaga pun sempat menjadi rute wisata pada dekade 90an. Namun tidak bisa disebut jalur Messner karena yang memperkenalkan adalah Philip Temple melalui bukunya, Nawok, yang berarti jalan dalam bahasa Dani

carstensz pyramid
Messner (kiri) dan Peter Boardman

Boardman juga mencapai puncak Carstensz melalui jalur yang kurang lebih sama dengan Messner. Mereka tidak mau lewat rute Harrer yang sekarang menjadi rute wisata pendakian.

Satu dekade setelah Messner, Boardman, datang Patrick Allen Morrow. Pendaki asal British Columbia, Kanada ini ingin menjadi pendaki pertama di tujuh gunung tertinggi di tujuh benua bumi. Benua Australia dengan puncak Koscuisko diabaikannya. Ia mengambil pilihan Messner, yakni lempeng benua Australasia yang mencakup pulau Papua. Diatasnya ada Carstensz Pyramid yang berkali-kali lebih tinggi dari Kosciusko.

Agar bisa mendaki, pendaki pemotret ini membawa “klien” ke Carstensz, yakni Steve Fosset, pialang sukses asal Chicago Amerika Serikat (AS). Pada 1985 akhirnya Pat begitu singkatnya untuk Patrick berhasil  sekaligus menjadi pendakian komersial pertama ke Carstensz.

Sejak itu, mulai berkembang pendakian wisata ke Carstensz. Berberapa tahun setelah pendakian Pat, ia kembali ke Carstensz dengan beberapa klien lain dari AS. Diantaranya ada warga Austria, dr Oswal Oelz yang rekan mendaki Messner sekaligus dokter yang menyokong Messner untuk mendaki 8000meter tanpa bantuan oksigen tabung. Era komersial pun lahir di Carstensz hingga nama-nama selebrita dunia pendakian, Rob Hall (almarhum – Tragedi Everest 1996), Junko Tabei – perempuan pertama di Everest, dan banyak lainnya menyambangi Carstensz Pyramid. (adiseno/ berbagai sumber)

Similar Posts